Kurikulum pembelajaran

  • ETIKA KERJA DAN PROFESIONALISME (5 JP)
  • KREATIVITAS DAN INOVASI (5 JP)
  • MANAJEMEN W AKTU DAN DISIPLIN DIRI (5 JP)
  • KERJA TIM DAN KOLABORASI (4 JP)
  • BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN 5 MASALAH (5 JP)
  • KETERAMPILAN KOMUNIKASI EFEKTIF (5 JP)
  • PENGENALAN KETERAMPILAN GENERIK (3 JP)

Deskripsi Materi

Selayang Pandang Materi

1. Pengenalan Keterampilan Generik (3 JP)

• Tujuan:
o Memahami konsep dasar keterampilan generik dan pentingnya dalam pendidikan vokasi.

• Rincian Materi:
o Pengertian keterampilan generik (soft skills)
o Peran keterampilan generik dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari o Hubungan antara keterampilan generik dan keterampilan teknis di SMK

• Metode Pembelajaran:

o Ceramah interaktif

o Diskusi kelompok • Evaluasi:

o Tugas membuat refleksi tentang keterampilan generik yang telah dimiliki siswa

o Diskusi kelompok tentang pentingnya keterampilan generik

2. Keterampilan Komunikasi Efektif (5 JP)

• Tujuan:
o Mengembangkan keterampilan komunikasi verbal dan non-verbal yang efektif di kalangan siswa SMK.

• Rincian Materi:
o Prinsip dasar komunikasi efektif
o Teknik komunikasi lisan dan tertulis
o Etika komunikasi dalam lingkungan kerja dan sosial

• Metode Pembelajaran:
o Simulasi komunikasi

o Diskusi kasus • Evaluasi:

o Tugas praktik komunikasi efektif
o Refleksi tentang komunikasi interpersonal

3. Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah (5 JP)

• Tujuan:
o Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah siswa.

• Rincian Materi:
o Teknik berpikir kritis

o Proses pemecahan masalah secara sistematis

o Studi kasus pemecahan masalah di lingkungan SMK

• Metode Pembelajaran:

o Diskusi interaktif

o Studi kasus • Evaluasi:

o Analisis masalah melalui studi kasus

o Tugas pemecahan masalah kelompok

4. Kerja Tim dan Kolaborasi (4 JP)

• Tujuan:
o Mampu bekerja dalam tim dengan efektif dan memahami dinamika kerja tim.

• Rincian Materi:
o Dinamika kelompok dan peran individu dalam tim o Teknik kolaborasi yang efektif
o Mengatasi konflik dalam tim

• Metode Pembelajaran: o Role-play

o Diskusi kelompok • Evaluasi:

o Tugas kelompok dalam proyek kolaboratif o Refleksi tentang pengalaman kerja tim

5. Manajemen Waktu dan Disiplin Diri (5 JP)

• Tujuan:
o Mampu mengelola waktu dengan efektif dan meningkatkan disiplin diri.

• Rincian Materi:
o Teknik manajemen waktu yang efisien o Prioritasi tugas dan aktivitas
o Mengembangkan kebiasaan disiplin diri

• Metode Pembelajaran:
o Workshop manajemen waktu
o Latihan simulasi pengelolaan tugas

• Evaluasi:
o Tugas perencanaan waktu pribadi o Refleksi dan umpan balik

6. Kreativitas dan Inovasi (5 JP)

• Tujuan:
o Mengembangkan kreativitas dan kemampuan inovatif siswa dalam menyelesaikan tantangan.

• Rincian Materi:
o Prinsip dasar kreativitas

o Teknik inovasi dalam penyelesaian masalah

o Contoh penerapan kreativitas dalam dunia kerja

• Metode Pembelajaran:

o Workshop ide kreatif

o Simulasi inovasi • Evaluasi:

o Tugas membuat solusi kreatif untuk masalah nyata o Diskusi kelompok tentang inovasi

7. Etika Kerja dan Profesionalisme (5 JP)

• Tujuan:
o Mampu menerapkan etika kerja dan sikap profesional dalam berbagai situasi.

• Rincian Materi:
o Prinsip dasar etika kerja

o Sikap profesional dalam lingkungan kerja

o Menjaga integritas dan kejujuran dalam bekerja

• Metode Pembelajaran:

o Diskusi interaktif

o Studi kasus etika kerja • Evaluasi:

o Tugas individu tentang etika kerja

o Refleksi tentang sikap profesional

Topik Permasalahan:

-

Tentang Pengampu

Avatar image
Sahat Maruli
Joined 1 detik yang lalu

Bidang Minat dan Penelitian:

  1. Challenge-based Learning: Pendekatan pembelajaran yang mengajak siswa SMK untuk menyelesaikan masalah nyata melalui kolaborasi dan pemikiran kritis.
  2. Student Approaches to Learning: Studi mengenai bagaimana siswa mendekati dan berinteraksi dengan materi pembelajaran serta strategi pembelajaran yang mereka gunakan.
  3. Well-being: Penelitian mengenai kesejahteraan siswa dan pengaruhnya terhadap proses serta hasil belajar.
  4. Course Experience: Analisis dan peningkatan pengalaman siswa dalam mengikuti mata pelajaran, mencakup kualitas pengajaran, keterlibatan siswa, dan dukungan akademis.
  5. Growth Mindset: Mengkaji dan menerapkan konsep bahwa kemampuan dan kecerdasan dapat berkembang melalui usaha dan strategi yang tepat.
    Professional Learning Communities: Membangun komunitas belajar guru yang dewasa dan bertumbuh.

Pengembangan Diri dan Kontribusi:

Aktif dalam mengikuti berbagai pelatihan dan workshop terkait inovasi dalam metode pengajaran.
Berkontribusi dalam pengembangan kurikulum yang mendukung penerapan Challenge-based Learning dan Growth Mindset di lingkungan pendidikan tinggi.
Terlibat dalam penelitian dan publikasi terkait pendekatan pembelajaran, kesejahteraan siswa, dan pengalaman perkuliahan.